Pekerjaan Bidang IT

A. PEMROGRAM
Pemrogram
adalah orang yang menuliskan kode program dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah program.
1. Pemrogram Tersupervisi :
Seorang pembuat program yang menyusun atau merubah kode program, memperbaiki dan mendokumentasikan program dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pemrogram tersupervisi juga melakukan implementasi pengujian dan menjalankannya dengan teliti dan andal serta melaksanakan semua prosedur dokumentasi dan pelaporan menurut standard yang diperlukan.
2. Pemrogram Tersupervisi Menengah :
Seorang pembuat program yang dapat membuat program, memperbaiki program dengan bahasa pemrograman namun berada pada level kemampuan yang menengah.
3. Pemrogram Independent/ Managing :
Seorang pembuat program yang bebas merubah kode program, memperbaiki dan mendokumentasikan program dengan kemampuan bahasa pemrograman yang dimilikinya secara mandiri. Programmer ini juga dapat menciptakan sesuatu yang baru di dalam dunia pemrograman.

B. ANALISIS SISTEM
Analisis sistem (System Analyst)
adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
1. Analisis Sistem Tersupervisi :
Seorang yang terlibat pada sebuah proyek pembuatan sistem yang bertugas melakukan analisis untuk sistem yang akan dibuat berdasarkan kebutuhan user namun tetap di bawah perintah dari seorang project manager yang memegang kendali penuh dalam penyelesaian proyek pembuatan sistem.
2. Analisis Sistem Independent :
Seorang system analyst yang berdiri sendiri dimana dia menganalisis kebutuhan user (user requirement) kedalam sebuah perancangan agar akhirnya di kerjakan oleh seorang programer, tanpa perintah dari project manager.

C. INSTRUKTUR
Instruktur
adalah orang yg bertugas mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingannya.
1. Instruktur Tersupervisi :
Orang yang memegang kendali untuk mengajarkan sesuatu dan sekaligus memberikan latihan dan bimbingan.
2. Instruktur Tersupervisi Moderat :
Seorang yang memegang kendali untuk mengajarkan dan memberikan latihan serta bimbingan namun dapat mempertimbangkan bahkan menerima pendapat dari orang lain untuk pengajaran/ pelatihan yang dia berikan.
3. Instruktur Independent :
Orang yang dapat memberikan pengajaran atau latihan secara mandiri.

D. MANAGER PROYEK
Manager Proyek
adalah cara mengorganisir dan mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan proyek.
1. Manager Proyek Tersupervisi :
Seorang yang bertanggung jawab secara keseluruhan didalam sebuah proyek dan mengontrol segala aktivitas di dalam proyek tersebut secara terkendali agar dapat selesai sesuai tepat waktu.
2. Manager Proyek Independent :
Seorang yang memiliki tanggung jawab penuh di dalam sebuah proyek dan dapat mengendalikannya secara bebas serta dapat melakukan segala sesuatu di dalam proyek tersebut secara mandiri atau paling tidak mengambil alih sementara beberapa tugas yang terbengkalai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar